03
Okt
11

Membentuk Positif Thinking

Cara yang berguna untuk membantu kita membentuk pikiran positif :

1. Bayangkanlah akibat terburuk yang mungkin terjadi

Bila Kita cenderung mudah khawatir bahwa segala sesuatu tidak akan berjalan sesuai dengan yang Kita harapkan, bayangkanlah akibat terburuk yang mungkin terjadi. Dengan bertanya kepada diri sendiri, “Kemungkinan terburuk apakah yang bisa terjadi?“ Kita akan merasa lebih tenang dengan menerimanya kalaupun segala sesuatunya tidak berjalan sesuai dengan yang Kita harapkan , katakanlah pada diri sendiri bahwa semua itu bukanlah akhir dari segalanya. Langkah berikutnya , pikirkanlah cara – cara untuk membuat keadaan lebih baik sekali kita mulai bertindak Kita tidak akan mempunyai waktu untuk memikirkan kekhawatiran tersebut.

2. Lihatlah segala sesuatu secara khusus jangan disama ratakan

Sudah sewajarnya bila kita memilki satu hal yang tidak mampu kita kerjakan dengan baik. Karena itu kita tidak perlu menyamaratakan. Jangan sampai ketidakmampuan kita melakukan satu hal membuat kita merasa tidak mampu melakukan hal lain. Terkadang kita cenderung membesar – besarkan sesuatu hal dari yang sebenarnya. Misalnya seseorang murid merasa dirinya lengah dalam pelajaran Matematika, padahal ia hanya belum menguasai perkalian dan pembagian yang panjang. Jadi batasilah masalahnya, jangan dibesar – besarkan sehingga kita meragukan kemampuan kita sendiri.

3. Lakukanlah sebaik mungkin lalu terimalah bagaimanapun hasilnya

Bila kita telah berusaha mengerjakan sesuatu atau menyelesaikan sesuatu masalah dengan segenap kemampuan kita, selanjutnya hadapilah apapun yang akan terjadi, bahkan hal yang paling kritis sekalipun. Kita harus menyadari bahwa berpikir positif tidak berarti satu penyelesaian sesudah itu selesai. Ingatlah pepatah lama : Jika pertama kita gagal, coba, coba, dan cobalah lagi.

4. Akuilah prestasi dan kegagalan Kita

Jika hasil pekerjaan Kita memang baik, akuilah. Kita semua mudah merasa tidak enak jika mengalami kegagalan, jadi mengapa tidak merasa senang jika berhasil ? Terimalah dengan senang hati jika seseorang memuji Kita. Cara terbaik menerima pujian tanpa menjadi sombong adalah cukup dengan mengucapkan terima kasih.

 

Namun bila kita gagal, atau hasilnya tidak sesuai dengan kenyataan, hampir disemua tempat kita diprotes (yang masuk akal sehat), karena yang kita kerjakan mubazir, tidak imbang, seperti mengada-ada, memboroskan waktu, tenaga, biaya, dengan hasil yang sangat nihil, ya akuilah secara gentleman, jangan berkilah-kilah seperti orang stress tujuh keliling, jangan merasa apapun yang saya perbuat itu yang paling baik, dan harus diterima. Perencanaan yang matang dengan bermusyawarah pada ahlinya akan menghasilkan yang terbaik, walau lebih lambat prosesnya.


0 Responses to “Membentuk Positif Thinking”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


free counters

KALENDER GUE

Oktober 2011
S S R K J S M
« Sep   Nov »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

FaceBook Gue Nich

Blog Stats

  • 42,661 hits

Top Clicks

  • Tak ada

%d blogger menyukai ini: