23
Mar
11

Ingin Kuliah (di ITB) : Baca Dulu !!!

Kuliah itu apa sih ? Dunia perkuliahan itu seperti apa ? SKS itu binatang apa ? kapan kita akan menjalani perwalian ? Kewenangan dosen itu sejauh mana ? Kegiatan apa pula yang ada di kampus ? Biaya hidup dan perkuliahan dapat diperoleh di mana dan lewat apa ? Terus, manfaat kuliah itu untuk apa saja ?

Jika anda masih banyak bertanya-tanya atau belum mendapatkan jawaban dan gambaran yang sesuai tentang pertanyaan-pertanyaan tadi, sebaiknya anda membaca serial buku tentang kegiatan perkuliahan dan seluk-beluk dunia pendidikan tinggi khususnya level strata satu dan diploma.

Buku-buku ini akan menjelaskan dengan kalimat dan ilustrasi yang menarik sehingga mudah dicerna, termasuk oleh calon mahasiswa, orang tua / wali, mahasiswa aktif, hingga orang-orang yang sudah menamatkan pendidikan sarjananya.

Prof. Dr. Ichsan Setya Putra, (guru besar Teknik Aeronautika / Penerbangan) penulis utama serial buku ini yang dibantu oleh tim Direktorat Pendidikan ITB dan rekan, menyusun buku panduan ini untuk anda yang memiliki perhatian khusus terhadap seni dan seluk-beluk pendidikan tinggi khususnya di Indonesia.

Empat buku yang ditulis tersebut memiliki tingkatan pemahaman yang berjenjang. Bagi pemula, buku yang berjudul Strategi Sukses di Kampus lebih tepat untuk dibaca terlebih dahulu. Dalam buku level satu ini kita diberikan gambaran yang detil termasuk teknis bagaimana kuliah yang benar, efektif dan efisien. Adanya gambar-gambar ilustrasi yang unik membuat kita tidak bosan membaca hingga halaman terakhir. Selain itu, dituliskan pula pengalaman-pengalaman nyata beberapa mahasiswa selama menjalani dunia perkuliahan, membuat buku ini lebih hidup.

Level dua yang selanjutnya untuk dikaji adalah buku berjudul Sukses dengan Soft Skills, Bagaimana Meningkatkan Kemampuan Interaksi Sosial Sejak Kuliah. Dalam buku yang disusun oleh Pak Ichsan bersama Ariyanti Pratiwi ini dibedah lebih lanjut penjelasan yang sudah disebutkan di buku Strategi Sukses di Kampus. Bisa dikatakan buku ini adalah pendalaman materi dari buku level satu tersebut. Materinya pun diperkaya dengan harapan sinergi antara dunia pendidikan tinggi dengan dunia nyata / kerja yang diwakili oleh pendapat beberapa personal profesional. Dilampirkan pula beberapa profil orang-orang yang track-recordnya dapat menginspirasi untuk lebih maju, seperti Abraham Lincoln. Ilustrasi kartun yang dipergunakan sebagaimana seri sebelumnya juga membuat mata betah untuk terus membacanya.

Tingkatan selanjutnya, adalah buku yang membahas tentang kepemimpinan dan moral yang seharusnya diperoleh dan dimiliki pada proses pendidikan tinggi (perkuliahan) berjudul Sukses Berlatih Kepemimpinan. Dalam buku ini, dibahas bagaimana kiat-kiat menjiwai sebagai pemimpin. Mengapa buku ini perlu dibaca para mahasiswa ? Tidak lain adalah karena mahasiswa di banyak wilayah di muka bumi ini memegang peranan penting sebagai agen perubahan yang diharapkan membawa perubahan generasinya di masa mendatang. Adapun di dunia kemahasiswaan, latihan awal sebagai seorang pemimpin banyak terwadahi oleh berbagai bentuk organisasi intra kampus maupun ekstra kampus.

Sedangkan buku ke-empat yang wajib dibaca, adalah buku yang berjudul ITB – Informasi Umum Program Studi. Buku ini berisi direktori fakultas, departemen / jurusan dan program studi khususnya strata satu yang diselenggarakan di ITB dan informasi fasilitas yang dapat dipergunakan oleh Mahasiswa. Membaca buku ke-empat ini menjadikan wawasan pengetahuan bertambah serta memberikan gambaran sekilas tentang bidang studi yang ada di ITB khususnya. Diharapkan bila sudah membaca buku ke-empat ini calon mahasiswa dan orang tua / wali tidak lagi kebingungan dan meraba-raba masa depan dan materi yang diajarkan di program studi si mahasiswa.

Saya pribadi menganggap, terbitnya buku-buku ini tepat sasaran bagi para calon mahasiswa karena bisa memberikan gambaran, petunjuk dan pegangan dalam menjalani dunia perkuliahan. Termasuk bahwa prinsip IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) adalah bukan segalanya. Hanya, yang saya sayangkan, mengapa terbitnya buku-buku ini justru setelah saya lulus perkuliahan dari tahun 1999-2004 lalu.

Membaca keempat buku ini dapat membimbing kita untuk melakukan evaluasi, seberapa efektif dan efisienkah menggunakan masa kuliah khususnya waktu perkulahan yang telah ditempuh. Juga seberapa banyak wawasan ekstra kurikuler yang sudah diikuti dan diperoleh.

Jadi, bila kita berkuliah itu diibaratkan masuk ke hutan belantara nan rimbun di tengah gelapnya malam, di mana di dalam hutan tersebut penuh hal-hal yang tidak terduga, seperti duri beracun, pohon buah-buahan yang ranum siap dipetik, binatang buas, serta kolam yang menyejukkan, dengan membaca keempat buku ini seolah-olah kita sudah memiliki peta hutan belantara tersebut dan menjadi lebih siap untuk masuk gelapnya hutan.

Tentu, semuanya terpulang kembali pada pelaku, yakni mahasiswa dalam menyikapi berbagai petunjuk, trik, tip, dan rambu-rambu yang sudah dijelaskan dengan cukup gamblang melalui keempat buku ini.

bisa dibaca di sumbernya ….


0 Responses to “Ingin Kuliah (di ITB) : Baca Dulu !!!”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


free counters

KALENDER GUE

Maret 2011
S S R K J S M
« Feb   Apr »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

FaceBook Gue Nich

Blog Stats

  • 42,661 hits

Top Clicks

  • Tak ada

%d blogger menyukai ini: