12
Feb
09

WISATA KARANGANYAR

GROJOGAN SEWU

grojogan-sewuTawangmangu merupakan kawasan wisata utama Kabupaten Karanganyar. Disini terdapat air terjun yang sudah sangat dikenal wisatawan. Air terjun dengan tinggi sekitar 81 meter dan terletak pada ketinggian 1.100 m Dpl ini diberi nama Grojogan Sewu. Pemandangan yang indah dan udara yang sejuk serta dilengkapi fasilitas kolam renang. Disini para peserta dapat belajar tentang ekosistem air yang ada dengan bebatuan yang menjadi ciri khas sebuah air terjun yang berasal dari pegunungan, dengan nuansa pohon –pohon pinus yang rindang serta satwa liar yang ada, dalam hal ini monyet jenis ekor panjang yang sangat akrab dengan pengunjung. Disini pula tersedia berbagai macam makanan khas serta kios-kios cenderamata yang unik.

WANA WISATA SEKIPAN

Bumi Perkemahan berpanorama indah dengan bentangan hutan Pinus dan hutan alam serta terdapat tanaman anggrek liar yang menarik. Dibelah oleh sungai nan jernih, dikelilingi bukit berhawa sejuk dan segar yang merupakan sumber kehidupan. Dilengkapi fasilitas penginapan sebanyak 2 unit. Terletak dikawasan wisata Tawangmangu dapat dicapai dengan kendaraan roda 2 dan 4 dari kota solo dan sarangan dengan waktu tempuh 1 jam 10 menit dari solo dan hanya 30 menit berkendaraan dari Sarangan. Berbagai kegiatan dapat dilakukan di Wana Wisata Sekipan antara lain ; Kegiatan paket pendidikan lingkungan, weekend in the Jungle, Out bond dan bird Watcing bagi anak-anak sekolah, mahasiswa maupun keluarga.

CANDI SUKUH

Candi Sukuh adalah Candi terakhir yang ditemukan di Jawa, dibangun pada abad ke 15 oleh Raden Brawijaya V, yang merupakan raja terakhir dari kerajaan Majapahit. Bangunan utama Candi Sukuh berbentuk piramida terpancung yang biasa dinaiki hingga ke puncaknya. Candi ini digunakan sebagai tempat pemujaan dan tempat ritual keagamaan bagi umat Hindu. Di Komplek Candi Sukuh terdapat pintu gerbang utama dengan hiasan kepala raksasa dan candi-candi kecil dengan berbagai relief-relief yang terkesan erotis serta memiliki banyak keunikan baik mengenai tata ruang, bentuk serta hadap candi. Yang menjadikan candi ini sangat unik adalah terdapatnya sebuah relief lingga dan yono yang saling berhubungan, yang terdapat di gapura pertama.

AIR TERJUN JUMOK/ SURGA YANG HILANG

Sebuah air terjun yang memilki keunikan berupa alamnya yang asri dan liar. Dengan ketinggian air terjun 20 m dan berada pada ketinggian 1.000 dpl. Dari kejahuan tampak anggun dan airnya yang bersih dan alami membiaskan matahari. Lingkungan yang alami, dikelilingi oleh pepohonan besar yang hijau dan burung-burung liar khas Gunung Lawu. Suasana yang romantis dengan udara yang sejuk sangat cocok untuk melepas penat. Dengan jalan setapak yang bekelok-kelok terlihat serasi melekat indah di lereng lembah menuju air terjun. Disepanjang jalan menuju air terjun jumok dapat ditemui perkebunan bunga krisan dan tanaman hias seperti Jemani, pillow katak dan lain sebagainya.

AIR TERJUN PARANGIJO

Sebuah air terjun yang memiliki keunikan berupa alamnya yang asri dan liar. Dengan ketinggian air terjun 20 m dan berada pada ketinggian 1.000 m dpl. Dari kejahuan tampak anggun dan air yang bersih dan alami membiaskan sinar matahari. Lingkungan yang alami, dikelilingi aloeh pohon-pohon besar yang hijau dan burung-burung liar khas hutan gunung lawu. Suasana yang romantis dengan udara yang sejuk sangat cocok untuk melepas penat. Di sekitar area parker dan Desa sepanjang jalan menuju air terjun parangijo dapat ditemui perkebunan bunga krisan dan tanaman hias seperti Jemani, Pilow katak dan lain sebagainya.

CANDI CETO

Candi Ceto berada di ketinggian 1.400m Dpl. Sekitar 12 Km dari candi Sukuh. Dibangun pada abad XV oleh Raden Brawijaya V, sebelum beliau mukso dipuncak gungung lawu. Candi berundak yang menghadap ke barat, menjadi symbol berakhirnya kerajaan Majapahit. Candi ini terdiri dari 13 teras berundak yang tersusun dari barat ke timur. Gapura candi yang menjulang, merupakan cirri khas candi ini. Dibeberapa teras terdapat beberapa pendopo dan bangunan dari kayu tempat arca Brawijaya V dan pengawalnya, serta sebuah arca Lingga. Disebelah timur kompleks candi Ceto terdapat sebuah meru yang di dalamnya menyimpan sebuah lingga dan yoni yag terbuat dari tanah liat.

SAPTA TIRTA PABLENGAN

Sebuah Fenomena alam yang biasa terjadi di sebuah gunung berapi, tapi yang membuat beda tempat ini adalah terdapat tujuh bauh sumber mata air yang berbeda, yaitu : air Bleng,air mati, air hidup, air urus-urus, air kasekten, air soda dan air tenang dan masing-masing sumber mata air mempunyai rasa dan khasiat yang berbeda. Dengan luas area sekitar 7 hektar dan fasilitas tempat pemandian pribadi, wisatawan dapat menikmati kehangatan air sapta tirta pablengan. Dengan sejarah keberadaannya yang sangat erat dengan Pangeran Samber Nyawa tempat ini juga memiliki sisi spiritual yang sangat saying untuk dilewatkan.

AGRO WISATA KEBUN TEH KEMUNING

Hamparan kebun teh terdapat di Kecamatan Ngargoyoso dan Jenawi dipinggir jalan utama Karanganyar –Sragen via Ceto. Kebun Teh ini sangat menakjubkan yang diatar belakangi oleh gunung lawu. Aktivitas pemetik teh membawa para pengunjung pada suasana alami pegunungan. Di area parker yang terletak di pinggir jalan juga disediakan rest area sehingga para pengunjung dapat menikmati keindahan panorama kebun teh. Dilokasi in pengunjung dapat melakukan berbagai aktivitas seperti : Tracking, bersepeda, berkuda,paralayang, terjun paying, camping dan sebagainya. Pengunjung juga bias memanjakan diri dan keluarga dengan hadirnya Resto kemuning yang menyediakan berbagai games dalam outbond. Serta dapat melihat proses pembuatan teh di pabrik teh Kemuning.

AGRO WISATA SONDOKORO

Agro Wisata Sondokoro berada dikomplek pabrik gula Tasikmadu. Suasana lingkungan yang tenang dan teduh dikelilingi pohon-pohon tua yang langka berusia ratusan tahun. Spoor tebu merupakan atraksi utama yang ditawarkan Agrowisata Sondokoro, spoor ini merupakan spoor kuno yang digerakkan dengan mesin uap tahun 1700 buatan Jerman. Kolam renang anak, Flying Fox, jalan refleksi merupakan fasilitas lain yang dapat dinikmati disini. Dengan gaya arsitektur bangunan dari jaman Belanda menjadikan daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Beberapa rumah tua yang dijadikan Cottage dan Quest house dengan fasilitas modern dapat dijadikan pilihan untuk singgah disana.

WANA WISATA PRINGGODANI

Sebuah petilasan eyang Koconegoro yang terletak di sebelah barat Puncak Lawu. Wisata spiritual dan sejarah yang mengajak kita untuk selalu bersikap koreksi terhadap diri sendiri untuk melestarikan peninggalan budaya dimana setiap selasa kliwon masyarakat Tawangmangu melakukan upacara adapt untuk mendapatkan berkah dari Yang Maha Kuasa. Dilingkupi air terjun bertingkat melekat pada dinding bukit didukung dengan benteng alam yang indah dan menarik. Di sepanjang jalan menuju Pringgodani terdapat lahan pertanian masyarakat, selter dan warung makan sebagai tempat beristirahat yang menunjukkkan besarnya peran dan keberadaan wisata ini dalam kehidupan masyarakat setempat. Pringgodani terletak di antara Wana Wisata Sekipan dan Puncak Lawu(Cemoro Kandang). Wisata Spiritual dan sejarah merupakan tujuan utama wisatawan yang berkunjung ke tempat ini.

WANA WISATA PUNCAK LAWU

Wana wisata Puncak lawu memiliki beberapa obyek spiritual antara lain argo dalem dan sendang drajad sebagai sumber mata air yang dipercaya penuh berkah. Puncak Lawu juga dipercaya sebagai tempat moksanya Raja Majapahit terakhir yakni Raja Brawijaya Pamungkas yang kemudian lebih dikenal sebagai Sunan lawu, hidup pada abad ke-15. Budaya menarik untuk diikiti adalah prosesi Ritual Labuhan setiap tanggal 1 Bulan Jawa Suro oleh masyarakat dan kerabat kraton Surakarta. Bentang alam yang sangat indah, hawa dingn berkabut, flora dan fauna khas pegunungan dapat dinikmati oleh setiap pengunjung yang dating untuk mendaki atau berwisata di Wana Wisata Pucak Lawu. Fasilitas pendukung untuk berwisata di Wana Wisata Puncak Lawu antara lain, selter, jalan setapak, pemandu,MCK dan lain-lain. Wana wisata Punack lawu terletak 7 Km dari Tawangmangu 25 Menit dari kawasan Wisata sarangan. Salah satu jalur pendakian yang relative aman dengan waktu tempuh sekita 8 jam dan sepanjang jalur disediakan pos sebanyak 5 buah.

Posting di ambil dari http://fatah14.wordpress.com/


0 Responses to “WISATA KARANGANYAR”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


free counters

KALENDER GUE

Februari 2009
S S R K J S M
« Jan   Mar »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
232425262728  

FaceBook Gue Nich

Blog Stats

  • 42,661 hits

Top Clicks

  • Tak ada

%d blogger menyukai ini: