22
Mar
11

Kaltim : Propinsi Terkaya di Indonesia

Pemerintahan di propinsi Kalimantan Timur menjadi propinsi yang paling makmur di Indonesia. Propinsi ini mendapatkan bagian terbesar dibandingkan seluruh propinsi lainnya dalam bentuk dana bagi hasil pajak, sumber daya alam, serta cukai.

Berdasarkan Hasil Audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat 2009 yang dipublikasikan baru-baru ini, Kaltim menjadi juara sebagai penerima dana bagi hasil terbesar.

Dari total dana bagi hasil sebesar Rp76 triliun yang dibagikan kepada 33 propinsi di Indonesia, Kaltim mendapatkan jatah tertinggi, yakni Rp15 triliun atau 20 persennya. Itu jauh lebih dibandingkan propinsi makmur lainnya, seperti Riau Rp9,8 triliun, Jakarta Rp8,8 triliun atau Sumatera Selatan Rp4,6 triliun.

Jatah yang diperoleh Kaltim tersebut berasal dari dana bagi hasil sumber daya alam Rp12,55 triliun dan dana bagi hasil penerimaan pajak Rp2,5 triliun.

Kaltim bersama 14 kabupaten/kota di propinsi ini mendapatkan berkah bagi hasil tertinggi karena wilayah ini memiliki kekayaan sumber alam yang luar biasa. Itu berupa minyak dan gas, pertambangan umum seperti batu bara dan mineral lainnya, serta hasil hutan dan perikanan.

Bahkan, salah satu kabupaten di Kaltim, yakni Kutai Kartanegara menjadi kabupaten paling tajir di seluruh Indonesia. Bayangkan, wilayah ini menjadi kabupaten yang mendapatkan bagi hasil terbesar dibandingkan ratusan kabupaten lain di Tanah Air.

Kutai Kartanegara menerima dana bagi hasil Rp2,5 triliun yang berasal dari bagian minyak bumi Rp588 miliar, gas bumi Rp1,64 triliun, tambang umum Rp330 miliar, hasil hutan Rp8 miliar dan perikanan Rp143 miliar.

Belasan kabupaten lainnya di Kaltim juga memperoleh bagi hasil di atas rata-rata kabupaten umumnya. Sebagian besar dari pemda kabupaten tersebut memperoleh di atas Rp400 miliar per tahun.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, prosentase penduduk Kaltim yang berada di bawah garis kemiskinan terbilang sedikit yakni 7,7 persen atau 239 ribuan jiwa. Total jumlah penduduk Kaltim sekitar 3,2 juta jiwa.

Namun, kabar dari Kaltim tak selalu sedap. Meski memiliki kekayaan sumber alam melimpah, propinsi ini justru dikenal tinggi korupsinya. Selain mendapatkan laporan banyak kasus korupsi, Komisi Pemberantas Korupsi juga memenjarakan sejumlah mantan pejabat Kaltim yang menjadi tersangka kasus korupsi.

• VIVAnews

About these ads

2 Responses to “Kaltim : Propinsi Terkaya di Indonesia”


  1. 1 daniel
    8 Oktober 2011 pukul 1:29 PM

    mendingan menjadi propinsi termiskin dari pada hutan kami hancur karena keserakahan manusia yang berpikir seperti pola ……..maaf tdkperlu sy sebut dimana yang kuat itu yang menang,semua itu karena pada berburu si emas hitam bagi(kalangan beduit menyebutnya)…berapa bukit diruntuh kan dalam sehari berjuta-juta ton ….memang sungguh hebat kau si batu bara….bagi kami disini/kalimantan timur,bukan suatu kebanggaan untuk bangsa dan tanah air dimana kemajuan yang diperoleh hanya dengan bermodal Exavator untuk mengeruk kekayaan kami disini,,,dulu kayu kami dirampok oleh orang2serakah dan dulu hutan sudah digundul dimana-mana…..sekarang bukan cuma gundul tapi,,lubang dimana-mana bahkan satu lubang bisa sampai diameter 5 Km kedalaman 3-5 km ,belum lubang yang kecil-kecil…ya ampun sungguh mengerikan,,,,kita tinggalmenunggu datangnya Ajab dari Allah.SWT, saya jamin anak cucu kita tidak akan lagi bisa melihat indahnya suatu dunia/alam,,,,dan propinsi kalimantan timur kelak akan menjadi propinsi termiskin didunia….sadarlah hai pemburu harta ,,Kami bangga bila propinsi kaltim terkaya karena pendapatan dari industrinya terutapa industri manufakturing, semoga ini menjadi perenungan kita bersama simpanlah kekayaan kita ini untuk anak cucu kita,kelak dialah penerus bangsa,,hai semua penguasa bertobatlah.


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


free counters

KALENDER GUE

Maret 2011
S S R K J S M
« Feb   Apr »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

FaceBook Gue Nich

Blog Stats

  • 37,575 hits

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: